Desa Wisata Semar Krebet



Krebet adalah sentra industri batik kayu yang mempunyai potensi kepariwisataan baik dari sisi budaya maupun alamnya. Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menetapkan Krebet sebagai Desa Wisata. Sedangkan memalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi bersama Kementrian Perindustrian Republik Indonesia telah memfasilitasi Pengembangan Klaster Batik Kayu Krebet. Fasilitasi pelatihan dan alat, serta pameran telah diberikan demi berkembangnya batik kayu di Krebet.

Pada saat ini di Sentra Industri Kecil Menengah Krebet telah berdiri Koperasi Sidokaton yang beranggotakan 57 Anggota. Disperindagkop pada tahun ini telah menmfasilitasi penyusunan katalog produk dan Video Profil sebtra yang bersifat informatif. Diharapkan dengan video profil sentra dapat digunakan sebagai sarana pengenalan produk batik kayu dan keunikannya kepada khalayak umum di dalam negeri maupun luar negeri.

Dukungan dari Disperindagkop Kabupaten Bantul, diharapkan sentra industri batik kayu Krebet bisa berkembang lebih pesat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengerajin batik kayu Krebet. Dengan pengembangan yang baik diharapkan dapat menyerap tenaga kerja secara maksimal dan juga pembinaan generasi pengerajin batik kayu Krebet dapat berjalan baik. Sehingga batik kayu krebet dapat dikenal dan dinikmati sebagai sebuah hasil kerajinan asli Bantul yang memiliki nili seni tinggi dan patut untuk dikoleksi dan dibanggakan

Berikut adalah gambar lokasi Desa Krebet dan beberapa lokasi wisata di sekitarnya:


Desa krebet terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan yang ingin datang berkunjung di antaranya:
1. Berkunjung ke berbagai sanggar pembuatan batik kayu dan kerajinan tangan seperti sanggar seni, sanggar semar, dan sanggar punokawan. sanggar ini merupakan daya tarik utama desa ini,  karena secara umum desa wisata ini berkonsep desa wisata budaya.



2. Berenang dan bersantai di Jurang Pulosari. sebuah air terjun musiman yang berada di desa wisata Krebet. apada musim hujan jurang ini menyajikan air terjun indah dengan ketinggian enam meter dan air yang berwarna tosca, namun pada musim kemarau debit air sangat sedikit bahkan hampir tidak ada sehingga warga menyebutnya sebagai jurang.



Desa wisata Krebet  juga menawarkan atraksi budaya seperti Kenduri dan Merti Krebet yakni acara eselamatan dalam adat jawa. atraksi ini diadakan sewaktu-sewaktu oleh warga, tidak setiap hari.

Terdapat tiga paket yang tersedia di Desa Wisata Krebet Yaitu:
1. Paket Sahaja (Satu hari aja)
    Kegiatan : Outbond, Workshop, Jurang Pulosari.
    Harga: Rp 100.000/pax (min 15 pax) Domestik
                Rp 200.000/pax (termasuk sajian budaya) Wisata Nusantara
2. Paket Durhaka (Dua hari lebih akrab)
    Kegiatan : kegiatan bertani, kegiatan panenBermain di amfiteaterMemasak hasil panen menjadi                         makanan tradisional, Pemberian souvenir berupa maina tradisional produk krebet
    Harga: Rp 150.000/pax (min 15 pax) Domestik
                Rp 200.000/pax (termasuk sajian budaya) Wisata Nusantara
3. Paket Digdaya (Dua hari belajar budaya)
    Kegiatan : Persiapan acara saweran, bersih-bersih desaPagelaran wayang klitikAcara                                      saweran (hari ke-2)Pelepasan oleh perangkat desa (pemberian souvenir) gantungan kunci
    Harga: Rp 200.000/pax (min 15 pax) Domestik
                Rp 250.000/pax (termasuk sajian budaya) Wisata Nusantara
Keseluruhan harga diatas sudah termasuk dokumentasi berupa video dan foto beserta oleh-oleh berupa batik kayu dan gantungan kunci.

untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut hubungi pokdarwis Desa Krebet: 0810000000

Comments